Android M for Muffin?

Dyarr….. Masih panas-panasnya android versi L alias lollipop sekarang ini yang membawa perubahan besar buat tampilan dan performa di ponsel android sekarang sudah muncul aroma versi terbarunya dari dalam oven. Jelas penerusnya ini yang pasti bakal punya kode urut setelah versi L yaitu M, yup android M telah tiba…

Google memang sudah mengenalkan android M ini pada ajang Google I/O bulan mei kemarin, dengan beragam fitur terbarunya yang sepertinya akan menarik dan layak dinantikan. Sebelum kita bahas fitur terbaru di android M kita ngebayangin dulu yuk kira-kira codename yang bakal digunakan untuk android M ini apa ya?

Melihat kebiasaan google kasih nama versi androidnya dengan cemilan, kemungkinan android M ini juga gak bakal jauh dari itu. Mendoan ? bagus juga kalau saja di kantor google pusat sana ada cemilan mendoan yang diimpor langsung dari Banyumas, wekeekek… tapi isu yang santer terdengar android M ini bakal punya nama Muffin , —mohon muffin lahir dan batin–. Apapun namanya minumnya teh botol sosro yang pasti huruf depannya ‘M’ (wani pira?).

Lupakan namanya sekarang kita liat fitur baru yang ditawarin android M ini, paling tidak ini yang di tunjukin google pas ajang Google I/O kemaren.

1. App Permition manager

Kalo selama ini kita menginstal aplikasi pasti diawal ada keterangan bahwa aplikasi ini akan mengakses kontak, kamera, photo, dan sebagainya, nah di android M ini kita bisa menentukan permission mana saja yang dibolehkan untuk diakses oleh aplikasi yang akan kita install, misal facebook meminta permission untuk mengkases kontak namun menurut kita itu tidak perlu maka kita bisa uncheck permission itu.

2. Penggunaan Fingerprint (sidik jari)

Unlock device pake wajah sekarang udah mulai gak jaman, sekarang sudah jamannya pakai sidikjari (agak kalah sama PNS) yang gak bakalan sama setiap orang. Selain bisa digunakan untuk unlock device, fingerprint nantinya juga bisa digunakan untuk pembelian aplikasi di playstore ataupun belanja online. Tapi tentu saja untuk menggunakan fitur ini device android harus sudah dilengkapi dengan hardware pembaca sidik jari.

3. App links

Pernah membuka link yang dibagikan lewat whatsapp/bbm/sms/email/yang lainnya? kalo pernah pasti selalu menjumpai layar dialog ‘Open with…’ nah android M bakal lebih pinter buat mbuka link tersebut dengan langsung ‘dilemparkan’ ke aplikasi yang tepat sesuai link. Misalnya kita dapet link foto dari twitter, ketika kita buka maka aplikasi twitter akan otomatis terbuka.

4. USB Type C

Jenis USB Type C ini bakal¬† mempercepat proses charging dan bisa nge-charge device lain lewat ponsel. Kedengarannya seperti fitur ponsel android mito yang bisa ‘bagi-bagi’ listrik buat ponsel lain.

5. Auto Backup and Restore App

Kalo selama ini buat yang doyan ngoprek ngebackup dan restore menggunakan Titanium Backup, android M tanpa di root bakal bisa melakukan hal yang sama dengan membackup app ke google drive.

6. Android RAM Manager

Gak perlu lagi pasang aplikasi buat RAM booster, android M sudah bisa clean cache sendiri.

7. Adoptable Storage Device

Gak perlu juga pasang aplikasi App2SD, Link2SD, dan sejenisnya, karena android M sudah dibekali kemampuan buat mengubah external storage (microSD/USB disk) menjadi seperti internal storage yang artinya aplikasi bisa dipindahkan ke external.

Nah itu dia 7 fitur yang saya rangkum bakal dibawa android M nanti. Saat ini android M sudah ada Developer preview-nya buat Nexus 5, Nexus 6, Nexus 9, dan Nexus player, dan versi final bakal diluncurkna kuartal ke 3 tahun ini 2015.

Sekarang saatnya kita intip penampakan android M.

android M android M

dan ini penampakan logo android M

android M

Jadi masih nungguin Lollipop? sekarang nunggunya nambah nih, android M sepertinya lebih keren :p.

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
No Responses

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *