Belitong Timur, Negeri Laskar Pelangi dan Parade Bintang

Belitong Timur, siapa sekarang yang tak kenal dengan kabupaten ini setelah boomingnya film Laskar Pelangi yang diambil dari sebuah novel karya Andrea Hirata. Sebuah daerah yang tereksploitasi kekayaan buminya berupa timah sejak zaman penjajahan ini nyaris tak dikenali oleh masyarakat kita jika bukan karena film tersebut.

Belitung timur dengan ibukota berada di Manggar adalah sebuah kabupaten yang terletak di propinsi Kepulauan Bangka Belitung di utara pulau jawa dan berdekatan dengan pulau sumatera. Untuk menuju kesana sat ini terbilang mudah, dengan menggunakan pesawat hanya berjarak 45 menit dari Bandara International Soekarno-Hatta. Namun transportasi umum setelah sampai disana masih terbilang agak susah kerena angkutan umum yang sangat jarang, untuk amannya kita bisa menyewa mobil yang sudah menunggu di pintu keluar bandara.

Salah satu obyek wisata favorit disana adalah replika SD Muhammadiyah Gantong yang lagi-lagi karena tempat itu adalah salah satu lokasi pengambilan gambar film Laskar pelangi. Perjalanan dari bandara menuju lokasi tersebut lumayan jauh, kira-kira 1,5 jam perjalanan. Selama perjalanan kita akan disuguhkan oleh pemandangan pepohan kering di atas tanah berwarna putih akibat eksploitasi timah. Sangat jarang dijumpai rumah penduduk yang berdekatan. Rasa lelah selama perjalanan akan terobati ketika kita sampai di lokasi replika SD Muhammdiyah Gantong. Sebuah bangunan renta yang berada di puncak bukit mini yang dikelilingi pasir putih ini memang seperti memiliki kharismanya tersendiri, terlebih di balik bangunan tersebut tidak ada yang lain selain langit biru dengan hiasan awan lembut benar-benar membuat tangan gatal untuk merekamnya kedalam bidikan lensa.

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *