Unable to Mount NTFS Partition in Linux

unable to mount partition linux

Masalah yang biasanya terjadi ketika komputer/laptop kita menggunakan dual-boot system Linux dan Windows adalah saat sedang menggunakan linux tiba-tiba salah satu volume/partisi disk tidak mau dibuka dengan muncul pesan error ‘Unable to mount [NAMA VOLUME]’.

Partisi disk yang tidak mau dibuka tersebut biasanya terjadi karena system windows tidak dimatikan (shutdown) dengan sempurna atau hanya di-hibernate. Ketika ‘hibernate’ windows akan menyimpan semua informasi aplikasi dan file yang berjalaan saat itu ke dalam file bernama hiberfil.sys yang kemudian tersimpan didalam partisi disk. File hiberfil.sys inilah yang akan dipanggil kembali saat windows kembali menyala(resume) dan menampilkan semua informasi sama seperti keadaan sebelumnya.

Celakanya ternyata sistem hibernasi dari windows itu sangat merepotkan ketika menggunakan linux, karena windows tidak mengijinkan siapapun menyentuh partisi yang sedang digunakan hibernate. Terus bagaimana kalau kita mau mengambil atau memindahkan data di partisi tersebut? gampang, tinggal restart kembali ke windows terus matikan(shutdown) dengan sempurna, dan kembali ke linux. Ya, cuma hal teknis, eits…tapi tunggu dulu, bagaimana jika masalahnya adalah windows rusak dan gak bisa masuk? ini baru masalah…

Nah, jika sudah begitu solusi untuk mengatasi unable to mount ntfs partition in linux adalah sebagai berikut:

Buka terminal dan perintahkan :

sudo ntfsfix /dev/XY

XY adalah lokasi partisi : sda1 atau sda2 atau lainnya.

Lagi-lagi ternyata cuman gitu ngatasinnya :hammer:

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *